say nyo fur this day

apapun yang penting nyo

Tuesday, July 18, 2006

krupuk

krupuk sampai sekarang merupakan makanan pengiring yang gak pernah absen dari keluargaku. makan pagi, siang ato malem juga teteup aja ada menu krupuknya. dari rasanya yang renyah abis, ampe bunyinya yang kriuk-kriuk selalu terdengar kalo pas jam makan tiba. mulai dari kerupuk bawang (kerupuk putih yang bentuknya kotak ato bulat!), kerupuk puli, ampe kerupuk rambak yang mamamia tetep bikin rasa masakan jadi semakin asoy geboy.
kerupuk sendiri sebenernya punya falsafah hidup yang cukup unik. misalnya kerupuk bawang. itu gambaran dari orang yang supel banget. dia bisa aja membaur ke berbagai orang. terutama membaur ke rujak, yang merupakan sisi kehidupan yang gelap tapi sebenernya penuh intisari.
Trus kerupuk kacang ato biasanya disebut rempeyek, pas banget kalo dicampur ma pecel. bahkan pecel tanpa peyek kayak sayur tanpa garem. berasa aer aja. disini peyek ato rempeyek jadi suatu tambahan untuk menguatkan rasa pecel. pecel yang ijo merupakan segolongan orang-orang yang punya visi yang sama dan peyek adalah orang yang berebda dengan visi menguatkan tujuan dari segolongan itu. walaupun dia sebenernya bukan pemimpinnya, tapi apabila dia hilang maka segolongan orang itu akan merasakan kehilangan dalam kehidupannya.
ato mungkin amplang, alias kerupuk ikan yang khas kalimantan itu (eh benerkan?) dia sebenernya paling enak dimakan sendirian aja tanpa perlu jadi pengiring makan nasi, karena sebenernya amplang punya rasa tersendiri dalam dirinya. rasa ikan yang melebur dengan bumbu-bumbu lain yang membuat amplang memiliki citarasa yang khas. sama dengan manusia. manusia sebenarnya memiliki citarasa sendiri yang di sukai oleh manusia lain. karena itu, sebenarnya tak perlu adanya perubahan selingan lain yang justru merusak citaasa aseli dari manusia. artinya be your self aja! karena sebenernya kehidupan manusia itu sudah diatur sama yang diatas en gak perlu kita berubah jadi orang lain supaya disukai orang. oke, perubahan ke arah kebaikan itu perlu. tapi gak perlu kan kita berubah hanya untuk menyenangkan orang lain yang belum tentu juga interest ma kita.
wakakak... kenapa juga jadi berfilosofi. sebenernya kerupuk tuh adalah pribadi yang unik.buat aku rasa renyah en bunyinya yang kriuk-kriuk bikin ketagihan en selalu jadi candu buat nambah en nambah lagi. seneng kan?
walo kadang bikin radang tenggorokan ato sakit amandel (hehehe... udah tua hobi banget sakit amandel) tapi kerupuk tetep bikin ketagihan!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home